Anjelica, Dewi (2025) PENGARUH PENYULUHAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANAK TENTANG CARA MENYIKAT GIGI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_7125122009_FULLTEKS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_HASIL UJI TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (17MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_01.pdf - Accepted Version
Download (543kB)
RAMA_12401_7125122009_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (265kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122009_08.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang: Menyikat gigi merupakan langkah penting yang perlu diajarkan kepada anak-anak agar mereka mempunyai kebiasaan yang sehat sejak dini. Tingginya masalah kesehatan gigi dan mulut adalah kurangnya pengetahuan tentang cara menjaga gigi dan mulut tetap sehat. untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan media pembelajaran, dalam pemilihan media pembelajaran harus memiliki tujuan yang jelas dalam pengaruhnya dalam proses pembelajaran, sama halnya dengan video interaktif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen (Two-Group pretest-posttest) dengan melibatkan 70 anak di SDN 32 Talang Kelapa. Hasil dari penelitian ini akan di Analisis Statistic dengan Uji T dan Uji Chi-Square. Hasil: Penelitian didapatkan rata-rata skor Tingkat pengetahuan anak dengan penayangan video interaktif sebelum sebesar 7.06 dan setelah penayangan video interaktif selama tiga hari sebesar 18.00. Tingkat Keterampilan menyikat gigi anak setelah menggunakan video interaktif selama tiga hari meningkat sebanyak 29 anak yang terampil. Kesimpulan: Terbukti adanya pengaruh penayangan video interaktif pengetahuan dan keterampilan anak tentang cara menyikat gigi diperoleh. Hasil uji T didapat p=0,001(<0,05) dan hasil uji Chi-Square didapat p=0,019(<0,05) artinya penayangan video interaktif berpengaruh untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak kelas III tentang cara menyikat gigi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | video interaktif, pengetahuan, keterampilan, sikat gigi | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 05:42 | 
| Last Modified: | 12 Aug 2025 05:42 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/90 | 
