Pramona, Monica (2024) PERBANDINGAN PENGARUH MINAT PADA MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN KOMIK DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TK TENTANG KEBIASAAN MENGISAP IBU JARI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (2MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_01.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (782kB)
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (271kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (286kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (669kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (259kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (231kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125121005_ MONICA PRAMONA_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (177kB) | Request a copy
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran dipengaruhi salah satu faktor yaitu media. Media komik dapat membantu memperjelas isi materi, meningkatkan pemahaman, membangkitkan minat dan perhatian siswa, memberikan kesenangan, merangsang rasa ingin tahu, dan memotivasi belajar siswa. Penyampaian pendidikan kesehatan menggunakan media video mempunyai keunggulan visualisasi yang baik dan memudahkan penyerapan ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya perbandingan pengaruh minat pada media video animasi dengan komik digital terhadap tingkat pengetahuan anak TK tentang kebiasaan mengisap ibu jari. Metode Quasi experiment atau eksperimen semu yang digunakan pada Penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan dibulan maret 2024 dengan jumlah sampel 42 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengetahuan anak yang mempunyai minat terhadap media video animasi meningkat lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak minat terhadap media video animasi. Menunjukan pengetahuan anak yang memiliki minat terhadap media komik digital meningkat lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak minat terhadap media komik digital. Menunjukan skor rata-rata pre test sebesar 42,86 dan skor rata-rata post test 64,29 bahwa terdapat peningkatan nilai pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan dengan media video animasi. Menunjukkan skor rata-rata pre test sebesar 42,38 dan skor rata-rata post test 81,43 bahwa terdapat peningkatan nilai pengetahuan setelah dilakukan penyuluhan dengan media komik digital. Perbandingan rata-rata skor diperoleh p 0,001 (<0,05) maka disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil selisih rata-rata skor pengetahuan anak yang diberi penyuluhan menggunakan dengan media video animasi dan komik digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Komik Digital, Minat, Pengetahuan |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi |
Depositing User: | Serly Serly |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:13 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 07:52 |
URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/28 |