Wahyuni, Deranti (2025) PERBANDINGAN PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY DAN VIRTUAL REALITY BOX TERHADAP PENGETAHUAN ANAK TENTANG DAMPAK KARIES GIGI BAGI KESEHATAN DI SMPN 44 PALEMBANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_7125122070_HASIL UJI TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_08.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (265kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB) | Request a copy
RAMA_12401_7125122070_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB) | Request a copy
RAMA_12401_71251220_01.pdf - Accepted Version
Download (469kB)
Abstract
Latar Belakang : Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi yang disebabkan oleh hilangnya struktur jaringan keras gigi. Penyakit ini banyak terjadi pada anak usia sekolah. Karies gigi bisa berpengaruh pada Kesehatan jika tidak cepat ditangani. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan anak tentang karies maupun dampak karies bagi Kesehatan pada anak kelas VII SMPN 44 Palembang. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media Augmented Reality dan Virtual Reality Box terhadap pengetahuan anak tentang Dampak Karies bagi Kesehatan. Metode Penelitian : Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan design Pretest Posttest menggunakan Teknik simple random sampling. Jumlah sampel total 60 orang yang masing-masing media berjumlah 30 orang. Tiap kelompok diberikan lembar pretest dan posttest untuk didapatkan hasil rata-rata pengetahuan setelah dan sebelum dilakukan penyuluhan. Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan bahwa selisih rata-rata pengetahuan anak kelompok 1 setelah diberi penyuluhan dengan media Augmented Reality adalah 78,33 dan kelompok 2 setelah diberi penyuluhan dengan media Virtual Reality Box adalah 55,5. Dari rata-rata tersebut ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan media Augmented Reality dan Virtual Reality Box. Hal ini dibuktikan dengan nilai p Value <0,05 yaitu 0,001 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan : Terdapat perbedaan dilihat dari selisih rata-rata skor pengetahuan anak sebelum dan sesudah penyuluhan dengan menggunakan media Augmented Reality dan Virtual Reality Box. Penggunaan media Augmented Reality dalam meningkatkan pengetahuan anak lebih meningkat daripada menggunakan media Virtual Reality box.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Virtual Reality Box, Pengetahuan, Karies Gigi. | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:10 | 
| Last Modified: | 16 Sep 2025 03:10 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/193 | 
