SETIAWAN, MUHAMMAD RAZAQ (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DENTAL FLOSS SEBAGAI ALAT BANTU SIKAT GIGI TERHADAP PENGETAHUAN PADA ANAK SDN 115 PALEMBANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_PO7125122077_01.pdf - Accepted Version
Download (813kB)
RAMA_12401_PO7125122077_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (510kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_08.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_HASIL UJI TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122077_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang: Banyak anak belum memahami pentingnya menjaga kebersihan gigi, khususnya di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi biasa. Sisa makanan yang menumpuk dapat menyebabkan karies. Media audio visual tentang dental floss dapat membantu meningkatkan pemahaman anak dengan cara yang menarik, mudah diingat, dan menyenangkan. Tujuan Penelitian: mengetahui pengaruh media audio visual dental floss sebagai alat bantu sikat gigi terhadap pengetahuan pada anak SD. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan diberi edukasi menggunakan media audio visual tentang dental floss, sedangkan kelompok kontrol tidak. Tujuannya untuk mengukur pengaruh media terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Hasil Penelitian: Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kelompok yang mendapat edukasi dengan media audio visual. Rata-rata nilai siswa naik dari 49,6 (pre-test) menjadi 90,7 (post-test). Sementara itu, kelompok tanpa media hanya meningkat dari 36,4 menjadi 73,5. Kesimpulan: jika metode di ajarkan kepada anak SD menggunakan media audio visual, maka akan lebih cepat dan mudah dipelajari dari pada dengan metode ceramah konvensional.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | media audio visual, dental floss, pengetahuan. | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:00 | 
| Last Modified: | 17 Sep 2025 06:50 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/202 | 
