Baisa, Nur (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN ANAK TENTANG KARIES GIGI DI SD NEGERI 16 PALEMBANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_PO7125122076_01.pdf - Accepted Version
Download (261kB)
RAMA_12401_PO7125122076_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (68kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_08.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_FULL TEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122076_HASIL UJI TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (20MB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang:Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama bagi anak-anak usia sekolah dasar yang rentan mengalami gangguan seperti gigi berlubang (karies). Salah satu penyebab utamanya adalah masih rendahnya pemahaman anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik dan mudah dipahami. Salah satu media yang potensial digunakan dalam pendidikan kesehatan gigi adalah video animasi.Tujuan Penelitian:Untuk mengetahui sejauh mana video animasi dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang karies gigi di SD Negeri 16 Palembang.Metode Penelitian:Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2025, melibatkan 80 siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan sebelum dan sesudah pemutaran video animasi. Hasilnya dianalisis menggunakan uji statistik paired t-test.Hasil Penelitian :Terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan dari 6,45 sebelum menonton video menjadi 19,18 setelahnya. Uji statistik menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti peningkatan tersebut signifikan Secara Statistik. Kesimpulan : Video animasi efektif digunakan sebagai media edukasi karena terbukti dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai karies gigi. Media ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran kesehatan gigi di tingkat sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | video animasi, pengetahuan, karies gigi | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:44 | 
| Last Modified: | 17 Sep 2025 02:44 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/201 | 
