Juliasti, Ayu (2025) PENGARUH MEDIA GAME NANA TOOTH ISLAND DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG KESEHATAN GIGI DI SDN 114 PALEMBANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_PO7125122056_01.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
RAMA_12401_PO7125122056_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (901kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (784kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_07 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_FULL TEXT (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122056_HASIL UJI TURNITIN (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut masih sering dijumpai pada anak usia sekolah dasar, salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan. Pendekatan edukatif berbasis teknologi, seperti game edukatif, dinilai lebih menarik dan efektif dalam meningkatkan pemahaman anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh media game Nana Tooth Island terhadap peningkatan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi di SDN 114 Palembang. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan metode quasi experimental dengan desain pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi yang menggunakan game Nana Tooth Island, dan kelompok kontrol yang mendapatkan penyuluhan melalui metode ceramah. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa kelompok intervensi mengalami peningkatan skor rata-rata pengetahuan dari 58,17 menjadi 93,00 setelah tiga kali sesi permainan, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 54,00 menjadi 69,33. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi p < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulan: Terdapat perbedaan secara signifikan pengetahuan responden dari kelompok intervensi dibanding dengan kelompok kontrol. Kelompok intervensi lebih tinggi secara signifikan dalam meningkatkan pengetahuan responden dibanding kelompok kontrol.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Game Nana Tooth Island, Pengetahuan, Kesehatan gigi anak. | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:59 | 
| Last Modified: | 12 Sep 2025 06:59 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/174 | 
