SARI, JULI ANITA (2025) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA SISWA SDN 165 PALEMBANG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Palembang.
RAMA_12401_PO7125122031_01.pdf - Accepted Version
Download (141kB)
RAMA_12401_PO7125122031_02 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (364kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (388kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_FULL TEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
RAMA_12401_PO7125122031_hasil turnitin.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (22MB) | Request a copy
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara menyeluruh karena Kesehatan gigi dan mulut akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh lainnya, Pengetahuan yang baik tentang kesehatan gigi dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam merawat giginya 
sehingga dapat mencegah terjadinya karies terutama pada anak sekolah dasar. Anak usia sekolah merupakan usia rentan Terhadap masalah kesehatan gigi dan mulut. Pada usia Tersebut merupakan usia awal dimana gigi susu berganti menjadi gigi permanen. video animasi menyajikan informasi secara visual menarik dan mempermudah pemahaman siswa. Tujuan Penelitian: penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap pengetahuan tentang karies gigi pada siswa SDN 165 Palembang. Metode Penelitian: penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk two group pretest-posttes. Sempel penelitian berjumlah 40 anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan 
kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada bulan April 2025. Analisi data menggunakan paired t-test dan independent t-test Hasil penelitian: hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pengetahuan siswa setelah penggunaan video animasi meningkat dari 5,70 menjadi 8,50. Penggunaan video interaktif menunjukkan peningkatan dari 4,75 menjadi 6,55. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p=0,01 (p < 0,05) yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah pemberian media video animasi. Kesimpulan: media video animasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang karies gigi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | karies, video animasi, pengetahuan, sekolah dasar | 
| Subjects: | R Medicine > RK Dentistry | 
| Divisions: | Jurusan Kesehatan Gigi > 12401-D3 Kesehatan Gigi | 
| Depositing User: | Serly Serly | 
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:33 | 
| Last Modified: | 09 Sep 2025 02:33 | 
| URI: | http://rama.poltekkespalembang.ac.id/id/eprint/132 | 
